Senin Besok, DPR Akan Bahas Kasus 'Saracen' di Dalam Rapat Komisi

Senin Besok, DPR Akan Bahas Kasus 'Saracen' di Dalam Rapat Komisi

Riauaktual.com - Satuan Tugas (Satgas) Patroli Siber Direktorat Siber Bareskrim Polri berhasil mengungkap sindikat Saracen atau penyebar kebencian yang mengunakan sarana media sosial.

Wakil Ketua komis satu DPR, Meutya Hafid menuturkan bahwa komisi satu akan membawa permasalahan kelompok Saracen ini ke dalam rapat komisi di hari Senin nanti.

"Insyallah hari Senin akan kita bahas ini (Saracen) di dalam rapat fraksi juga," ungkapnya sebagaimana dikutip dari Okezone, Sabtu (26/8/2017).

Politisi Partai Golkar ini juga mengatakan bahwa Komisi I akan mengawasi pihak kepolisian dalam mengungkap kasus Saracen ini sampai tuntas.

"Saya rasa mereka (Kepolisian) yang ahlinya. Kita enggak mungkin bisa membongkar karena itu tugas dari kepolisian dan DPR fungsinya hanya pengawasan supaya mereka betul-betul mengusut tuntas," sambungnya.

Meutya juga berharap supaya kasus Saracen ini bisa dituntaskan segera. Selain itu ia juga mengimbau agar masyarakat harus sadar bahwa ada kelompok seperti Saracen yang ingin memecah belah melalui isu sara dan fitnah yang hadir di sosmed.

"Jadi masyarakat harus sadar bahwa ada kelompok-kelompok tertentu yang ingin memecah belah kesatuan melalui isu sara dan fitnah di sosmed. Dengan demikian masyarakat harus memilah milih informasi yang benar dan jangan justru ikut gampang terporvokasi," harapnya.

Seperti diketahui, Pengungkapan kasus ini telah menetapkan tiga orang sebagai tersangka. Mereka adalah JAS (32) yang ditangkap di Pekanbaru, SRN (32) ditangkap di Cianjur dan MFT ditangkap di Koja, Jakarta Utara. Ketiga tersangka itu, memiliki peran yang berbeda-beda. Untuk JAS sendiri, berperan sebagai Ketua Grup Saracen yang bertugas untuk mengunggah postingan provokatif yang mengandung isu SARA.

Ikuti RiauAktual di GoogleNews

Berita Lainnya

Index